Monday, April 21, 2014

Stretching di Pagi Hari

Walau terlihat simpel, jangan pernah memandang remeh keuntungan dari melakukan stretching di pagi hari. Selain melenturkan otot, gerakan-gerakan simpel ini juga bisa memberikan keuntungan lain bagi tubuh. Kesimpulan dari penelitian asal Jepang menyebutkan orang dewasa berusia 40 tahun ke atas bertubuh lentur memiliki risiko penyakit jantung 30% lebih rendah dibanding mereka yang bertubuh kurang lentur.

Manfaat Stretching


Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh tubuh jika rutin melakukan peregangan otot di pagi hari. Inilah sederet manfaatnya menurut Mayo Clinic:

1. Meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak sendi
Otot yang fleksibel dapat meningkatkan performa harian. Tugas-tugas seperti mengangkat barang, membungkuk hanya untuk mengikat tali sepatu, atau mengejar bus akan menjadi lebih mudah dan tidak melelahkan. Fleksibilitas tubuh cenderung berkurang sejalan dengan bertambahnya usia. Namun, dengan melakukan stretching selama 10-15 menit setiap hari kita bisa mendapatkan dan menjaganya.
2. Meningkatkan sirkulasi darah
Percaya atau tidak, stretching akan meningkatkan sirkulasi darah di dalam otot kita. Lancarnya peredaran darah akan membuat kita menjadi jauh lebih segar. Selain itu, zat-zat yang sekiranya akan menyumbat jaringan otot pun dapat dihilangkan. Sirkulasi yang meningkat juga dapat mempersingkat waktu penyembuhan saat kita mengalami cedera otot.
3. Postur tubuh lebih baik
Melakukan stretching di pagi hari akan membuat otot tetap lentur dan tidak tegang sehingga kita bisa mendapatkan postur tubuh yang lebih baik. Postur yang baik akan meminimalisir ketidaknyamanan. Tak heran, beberapa waktu setelah melakukan stretching kita akan lebih jarang mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuh.
4. Meredakan stres
Lelah secara mental sejak pagi bisa berdampak sepanjang hari. Padahal mengerjakan aktivitas dengan disertai stres tidak akan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal. Ternyata, gerakan stretching di pagi hari bisa membuat peredaran darah ke otak lebih lancar. Kita pun bisa berpikir lebih jernih dan stres pun dengan senang hati menghilang dari pikiran.
5. Meningkatkan koordinasi anggota tubuh
Otot yang lentur juga membuat keseimbangan terjaga lebih baik. Koordinasi dan keseimbangan yang baik membuat kita lebih bebas bergerak. Selain itu, risiko cedera akibat jatuh pun jadi jauh lebih rendah, terutama saat kita bertambah tua.

Gerakan Stretching di Atas Kasur


Tidur semalaman membuat sebagian otot tubuh mengalami kekakuan. Jika dipaksakan langsung bangun, rasanya tidak akan nyaman dan bukan tidak mungkin bisa memicu cedera. Lakukan peregangan sederhana sebelum beranjak dari tempat tidur. Beberapa gerakan peregangan yang bisa dilakukan di atas kasur sebelum beranjak bangun adalah sebagai berikut.

1. Peregangan otot pantat
Meregangkan otot pantat atau gluteus maximus bisa dilakukan dengan posisi berbaring. Tekuk kedua lutut, silangkan kaki kiri di atas kaki kanan. Dengan menggunakan kedua tangan, tarik kaki kanan mengarah ke dada hingga terasa ada tarikan di pantat kiri. Balik posisi kaki dan gerakan yang sama untuk pantat kanan.

Peregangan otot pantat

2. Peregangan otot panggul
Berbaring dengan kaki ditekuk, telapak kaki menapak ke kasur atau alas tidur lainnya. Angkat sedikit hingga sebagian besar area punggung tidak menyentuh alas tidur. Kencangkan otot perut hingga punggung atas yang masih menempel di kasur mendapat tekanan paling besar. Tahan selama 5 detik lalu rileks. Ulangi 3 kali, lalu perlahan tingkatkan hingga 10 kali.

Peregangan otot panggul

3. Peregangan otot kaki
Berbaringlah dengan kedua kaki dalam posisi lurus. Angkat salah satu kaki, tekuk kemudian tarik mengarah ke dada. Tahan selama 5 detik dan lakuan pengulangan sebanyak 5 kali sebelum berpindah ke kaki yang lainnya.

Peregangan otot kaki

4. Peregangan pangkal paha
Untuk meregangkan otot piriformis di sekitar pangkal paha, berbaringlah dengan posisi kaki lurus. Silangkan salah satu kaki ke sisi berlawanan, dengan posisi bahu tetap lurus menghadap ke atas. Tekuk lutut kaki yang disilangkan, bawa ke arah dada hingga terasa ada tarikan di sekitar pantat. Tahan 30 detik, ulangi 3 kali dan lakukan pada sisi yang lain.

Peregangan pangkal paha

Yuk, jadikan hari lebih sempurna hanya dengan melakukan peregangan otot di pagi hari. Gerakan kecil ini bila dilakukan dengan rutin akan segera meningkatkan kualitas hidup kita di kemudian hari. Selamat stretching.

Sumber:
- http://health.detik.com
- Majalah Prevention
- Mayo Clinic

1 comments: