Tuesday, April 15, 2014

Tips Yoga untuk Pemula

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat kita melakukan yoga. Berikut ini adalah tips sederhana agar kelas yoga yang kita ikuti dapat memberikan hasil maksimal.

1. Jangan makan sebelum memulai yoga
Lakukan proses makan paling lambat dua jam sebelum melakukan yoga, dan paling cepat satu jam setelah kelas yoga selesai. Namun demikian, jangan lakukan yoga saat perut sedang kosong, karena hal itu dapat membuat kita lemas atau berkunang-kunang.

2. Jaga asupan cairan
Minumlah banyak air putih sebelum, saat, dan sesudah melakukan yoga. Sebotol air putih wajib kita bawa saat memasuki kelas yoga.

3. Pakailah pakaian yang sesuai
Pakailah pakaian yang nyaman, misalnya kaus olahraga dari bahan Lycra spandex. Pakaian ini sebaiknya ketat atau melekat dengan tubuh, karena pakaian yang kebesaran atau gombrang akan menghalangi pandangan dan mengganggu saat melakukan posisi yoga. Pakailah pakaian yang simpel, sehingga instruktur yoga dapat dengan mudah mengawasi apakah posisi tubuh kita sudah benar. Kalaupun gerakan kita tidak benar, ia dapat dengan mudah memperbaiki posisi kita.

4.  Bawa handuk dan matras
Handuk berfungsi menyeka keringat dan untuk melapisi matras agar kita tidak tergelincir. Adakalanya keringat yang menetes membuat licin. Mengenai matras, meskipun biasanya studio yoga menyediakannya, sebaiknya kita memiliki sendiri perlengkapan ini agar kita yakin pada kebersihannya.

5. Jangan pakai sepatu atau kaus kaki
Kaus kaki dapat membuat kita tergelincir. Sebaiknya lakukan yoga dengan bertelanjang kaki.

6. Datang tepat waktu
Jangan sampai tertinggal sesi pemanasan. Pemanasan sangat penting untuk mempersiapkan tubuh dan mental, serta agar kita tidak cedera saat melakukan posisi yoga.

7. Jangan berisik
Jangan sibuk mengobrol atau menimbulkan suara berisik. Tempat yoga ditujukan sebagai tempat yang damai dan tenteram, jadi suasananya harus tetap terjaga senetral dan senyaman mungkin. Hal ini termasuk faktor yang harus dipertimbangkan untuk tidak membawa balita saat kita akan menghadiri kelas yoga.

8. Jangan memaksakan diri
Kemampuan setiap orang berbeda. Apabila gerakan yoga telah menjadi cukup sulit sehingga kita merasa tidak sanggup mengikutinya, sebaiknya kita berhenti dan duduk tenang saja. Jangan memaksakan diri melakukan posisi yoga apabila merasa tidak sanggup. Yang utama bagi para pemula adalah menyempurnakan teknik pernapasan dan teknik dasar lainnya, bukan melihat seberapa jauh tubuh kita dapat direnggangkan atau melakukan posisi ekstrim. Apabila kita merasakan kejanggalan pada tubuh saat melakukan yoga, ada baiknya mengonsultasikan hal ini kepada instruktur atau dokter.

9. Jangan cepat menyerah
Pada awalnya, kelas yoga akan terasa sangat sulit. Tapi semakin lama melakukannya, kita akan semakin terbiasa. Apabila dilakukan dengan serius, kita pasti akan memperoleh seluruh manfaat positif dari yoga, baik untuk pikiran maupun kesehatan tubuh. Jadi, jangan cepat menyerah ya. Namaste :)

Dikutip dengan perubahan seperlunya dari: http://sweetsourjelly.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment